Pertanyaan dari Robby Idrus Sadi:

Assalamualaikum
Di Silsilah II Halaqah 10 ada kalimat begini :
“Kewajiban kita sebagai seorang muslim adalah menetapkan nama dan sifat tersebut karena Allah subhanahu wa ta‘ala lebih tau tentang dirinya daripada kita”
Ini maksudnya apa ya Ustadz?
Khususnya kata “menetapkan”

Jawaban:

Telah dijawab melalui radio streaming HSI pada tanggal 07-05-2017M

Berikut adalah transkrip jawaban dan link audio jawaban:

==============================

Kemudian Pertanyaan selanjutnya dari Robby Idrus Sadi.

Dalam silsilah ke-2 ,halaqah yang ke-10, ada kalimat, “Kewajiban kita sebagai seorang muslim adalah menetapkan nama dan sifat tersebut karena Allah subhanahu wa ta’ala lebih tahu tentang dirnya daripada kita”. Ini maksudnya apa? khususnya kata “menetapkan”.

Yang dimaksud dengan “menetapkan” adalah meyakini nama dan juga sifat tersebut milik Allah Azza wajall. Di antara nama Allah adalah ini dan itu, di antara sifat Allah adalah ini dan itu. Ini yang dimaksud dengan “menetapkan”. Artinya kita tidak boleh mengingkari nama dan juga sifat tersebut selama sudah dikabarkan oleh Allah di dalam Al Quran atau dikabarkan oleh Rasulullah sholallahu alaihi wasallam di dalam hadits. Maka harus kita tetapkan dan tidak boleh kita ingkari . Karena sebagian ada yang mengingkari, ada di antaranya yang mengingkari secara terus terang, ada di antaranya yang mengingkari tapi dengan cara ditakwil. maka ini enggak boleh. Ada yang mengingkari dengan terus terang artinya dia mengatakan; saya tidak percaya dengan nama dan sifat-Nya, seperti orang-orang Jahmiyah. Atau yang kedua mereka lari dan juga menghindar dari nama dan sifat ini dengan cara  ditakwil, maka ini juga termasuk pengingkaran yang dilarang dalam agama Islam. Na’am.

Wallahu ta’ala a’lam.

Materi audio ini disampaikan di dalam grup WA, Halaqah Silisiyah Ilmiyah, HSI Abdullah Roy

==============================

Tim Transkrip HSI: Restu Ramadhan (ARN161-1709)

Silahkan downlod audio jawaban di tautan berikut:

https://goo.gl/yR4aPh

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here